Wajah Glowing dengan modal irit? Bisa!!

Lihat sabun muka seharga setengah jeti, jiwa misqueen-nya bergejolak. Belum lagi ketemu sama serum wajah harga dua juta sebotol kecil. Weeww, vingzaannn ....

Lah, jadi yang jiwa misqueen-nya dikit-dikit bergejolak ini harus gimana, dong? Masa terpaksa rela milih skincare dengan harga terjun bebas, tapi abal-abal? Bukannya glowing, ntu muka malah acak adut sampe terkelupas dan urat-uratnya pada nongol. Itu muka apa stiker, sih, terkelupas?



"Biar missqueen, yang penting glowing!"

Tag line ini belakangan sempat viral sesaat. Tapi kesannya cuma buat lucu-lucuan doang, yekan? Apa iya, pengen glowing itu bikin bangkrut? Eits, jangan salah, Mama Mia. Hari ini saya mau jembrengin rahasia, gimana caranya bisa glowing dengan modal dengkul!

(Ya, ya .... Terima kasih kembali, Mak!)
*dih, pa'an, sik?
.
.

Pertama, kita gosipin dulu bahan apa saja yang perlu diinvestasikan untuk meracik skincare glowing, dalam berbagai formula di bawah ini.

☑ Bear Brand Milk
Tau dong, Mak, minuman satu ini? Kalengnya gambar beruang, tapi bintang iklannya naga, eh ... isinya susu sapi! Susu dengan manfaat super emejing ini andalan banget untuk perawatan wajah dan tubuh. Gak pake mahal, Mak. Harga sekalengnya palingan 7-8 ribu perak saja.

☑ Aloe Vera Gel
Anda bebas pakai merek apa saja. Yang paling booming di pasaran tentunya brand Nature Republic, dengan konsentrasi aloe vera sebanyak 92%. Sekarang saya beralih ke  merek Herborist. Bukan saja kandungan aloe vera-nya lebih banyak (98%), brand ini juga aselik produk Indonesia. Saya beli kemasan tube dengan harga Rp.28.000,-.

☑ Minyak Zaitun
Anda bebas pakai merek apa saja. Tapi pastikan pakai yang jenis "Extra Virgin Olive Oil" ya, Mak. Jenis ini yang terbaik untuk skincare. Harga EVOO dalam kemasan kecil berkisar antara 40-80 ribuan per botolnya.

☑ Vitamin E
Anda bebas pakai merek apa saja. Yang paling ngetrend tentu saja keluaran Nature E. Harga per kotak isi 16 kapsul sekitar Rp.20.000,-. Vitamin E ini bisa jadi pengganti minyak zaitun.

☑ Madu
Lagi-lagi Anda bebas pakai merek apa saja. Yang penting berjenis madu murni. Gosahlah yang pake rasa lemon, rasa stroberi, atau rasa tanah kuburan segala. Untuk perawatan kulit, pakai yang murce-murce aja, Mak. Seperti Madu TJ atau Madurasa. Botol kecil dibanderol sekitar Rp.20.000,-. Tapi kalau kalian masuk kategori Nyonya Takur yang maunya cuma bersentuhan dengan madu Manuka seharga 2,5 jeti itu, yah, monggooo ....
*Aing, mah, apa atuh

Kecuali aloe vera gel, semua produk di atas bisa dikonsumsi langsung oleh manusia, ya gak? Bahkan aloe vera gel-nya sendiri memiliki konsentrat hampir 100% menyamai tumbuhan aslinya.

Dan cek harga sesebahannya, dong, Mak. Receh, eeiimm? Tapi dijamin bermutu dan banyak manfaat! So, insyaa Allah aman dipakai.
.
.

Sebelum masuk ke proses peracikan, sinihh saya bisikin dulu. Mencuci muka dalam rangka meraih ke-glowing-an nan hakiki itu juga ada tehniknya, lho, Mak.

Caranya: basahkan wajah dengan air hangat ➡ aplikasikan pembersih muka ➡ bilas sekali lagi dengan air hangat ➡ dan terakhir bilas dengan air dingin (air keran).

Fahimtum, Jama'aaahhh ...??
Sekarang, kuy, masuk dapur rekaman!

🌸🌸🌸
1. Sabun pencuci muka
Bahan:
- Sabun bayi cair ➡ 4 sendok makan
- Susu Beruang ➡ 1 sendok makan (boleh skip kalau pakai sabun bayi yang mengandung susu)
- Aloe vera gel ➡ 1 sendok makan
- Madu ➡ ½ sendok teh
- Vitamin E ➡ 2 kapsul (atau bisa diganti dengan minyak zaitun ½ sendok teh)

Campur semua bahan hingga rata, lalu simpan dalam wadah tertutup. Biar lebih awet, simpan di kulkas. Aplikasikan dua kali sehari.

Manfaat: mencerahkan, melembabkan, mengecilkan pori-pori, menyamarkan kerutan.

Die hard-nya sabun berbusa-busa to the max, bisa jadi rada kekhi. Tak lain karena racikan ini nyaris tanpa busa. Tapi karena berbahan dasar sabun, yakin deh, racikan ini tetap wokeh membersihkan wajah. Jadi gosah ngegas gosok mukanya ye, Mak. Ingat, itu aset, bukan karpet!

🌸🌸🌸
2. Scrub
Bahan:
- Kopi murni merek apa saja, yang penting berbutiran halus ➡ 2 sendok makan
- Gula pasir ➡ 1 sendok makan
- Madu ➡ ½ sendok teh
- Minyak zaitun ➡ ½ sendok teh
- Susu Beruang ➡ secukupnya, sampai konsistensi adonan berbentuk pasta

Campur semua bahan hingga rata, lalu aplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan. Sambil dioleskan, gosok wajah dengan gerakan melingkar. Diamkan 15-20 menit, kemudian bilas dengan air. Aplikasikan 2-3 kali seminggu.

Manfaat: mencerahkan, melembabkan, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, memudarkan flek hitam, mengangkat komedo (beri pijatan ekstra di daerah yang banyak komedonya).

Selama didiamkan, harap jangan bersenandung apalagi nembang. Kalo sampe kepanggil itu 'sesembak' yang bermuka pucat berpunggung bolong, khawatirnya malah doi yang masuk UGD karena syok berat ketemu Dakocan muka item kayak elu, Mak!

🌸🌸🌸
3. Toner
Bahan: Susu Beruang

Serius, Mak. Cuma satu bahan itu saja yang kita perlukan. Cara pakainya, tuang sedikit susu ke wadah, aplikasikan ke wajah. Bisa dioles dengan bantuan kapas. Tapi yang lebih ok lagi, aplikasikan pakai jari saja. Sayang kan, beib, kalau susunya lebih banyak kemakan sama kapas?

Buat yang pori-porinya segede Kawah Ijen, apa boleh buat. Celupkan kapas (usahakan kapasnya setipis mungkin), lalu tempelkan di area berpori. Diamkan 15-20 menit, kemudian bilas dengan air. Aplikasikan satu kali sehari.

Manfaat: mencerahkan, melembabkan, mengecilkan pori-pori, memudarkan flek hitam, menyamarkan kerutan.

🌸🌸🌸
4. Krim wajah
Bahan:
- Vaseline petroleum jelly (bisa diganti dengan Tender Care dari Oriflame) ➡ ½ sendok teh
- Vitamin E ➡ 2 kapsul (bisa diganti dengan minyak zaitun ½ sendok teh. Kalau saya, sih, pakai dua-duanya, qiqiqi ....)
- Aloe vera gel ➡ 2 sendok makan

Campur semua bahan hingga rata. Walau sebagian besar merupakan bahan oily base, jangan khawatir bikin muka kayak kecebur ke gentong minyak. Aloe vera gel akan menetralkan kepekatan bahan-bahan yang kaya minyak esensial ini.

Aplikasikan dua kali sehari. Untuk pagi/siang hari, pakai krim ini secukupnya saja. Untuk malam sebelum bobok syantik, pakai agak royal sebagai masker.
*Please, ya. 'Agak royal' tidak untuk diartikan segayung atau sebaskom! Hadeehh ....

Manfaat: glowing paripurna, melembabkan (pake bingits), menyamarkan kerutan, memudarkan flek hitam, mengecilkan pori-pori.

Dengan pemakaian teratur, tahun depan boleh, deh, yeiy hang out pake seragam SMP, wkwkwk ....

🌸🌸🌸
5. Lulur (khusus untuk tubuh)
Bahan:
- Tepung beras ➡ 3 sendok makan
- Body lotion ➡ 1 sendok makan
- Susu Beruang ➡ secukupnya, sampai konsistensi adonan berbentuk pasta

Campur semua bahan hingga rata, lalu aplikasikan ke seluruh tubuh. Karena mengandung tepung beras, racikan ini cepat keringnya. Jadi, pakai sambil digosok-gosok, lalu tunggu hingga kering. Aplikasikan 2-3 kali seminggu.

Manfaat: mencerahkan, melembabkan, melembutkan, meratakan warna kulit.

Setelah luluran, bolehlah kita pergi ke ladang, mencari sumur untuk menumpang mandi.
*eeaaa ....

🌸🌸🌸
6. Sabun mandi
Bahan:
- Sabun batangan ➡ ½ batang
- Susu Beruang ➡ 1 kaleng
- Madu ➡ 5 sendok makan
- Minyak zaitun ➡ 5 sendok makan

Parut ½ sabun batang ke dalam mangkuk anti panas (bisa kaca atau metal), campur rata dengan 1 kaleng susu Beruang. Mangkuk berisi racikan ini kemudian diletakkan di atas panci berisi air, lalu panaskan dengan api sedang hingga mencair. Apa nama proses ini, nak anak? Yes, ditim!

Setelah mencair, tunggu suhunya turun sedikit (5 menit), baru campurkan madu dan minyak zaitun. Aduk hingga rata, kemudian tempatkan dalam wadah tertutup. Konsistensi racikan ini akan berbentuk seperti sabun colek. Jadi tidak keras, tidak pula cair.

Sabun apa yang bisa dipakai untuk racikan ini? Sabun apa saja, yang penting batangan. Untuk kulit sensitif, bisa pakai sabun bayi. Kulit kering, pakai sabun yang mengandung moisturiser seperti Dove.

Buat yang mendambakan kulit cerah ceria (baca: ngebet banget pengen putih), bisa pakai sabun Shinzui, sabun Kojie San, sabun beras, dll. Saya pernah nyobain pakai sabun pepaya dan hasilnya top markotop buat meningkatkan kecerahan kulit.

Kabar paling asyique-nya lagi, racikan sabun ini bisa dipakai tidak hanya untuk tubuh, tapi untuk wajah sekalian. Cucok meyong buat yang malas bikin racikan khusus sabun wajah di contoh nomor satu tadi.

Aplikasikan ke seluruh tubuh (dan wajah) diamkan 5 menit. Kemudian bilas dengan air. Aplikasikan setiap kali mandi. 

Manfaat: pakai sabun bayi, ya jadi lembut. Pakai sabun full moisturiser, ya jadi lembab. Pakai sabun pemutih, ya jadi cerah. Plus bisa memudarkan stretchmark.
.
.

Modal recehan, tapi dapat skincare kelas dewa. Alhamdulillah, jiwa missqueen yang dikit-dikit bergejolak itu, boleh dah pensiun dini.

Sedikit disclaimer.
Bertahun-tahun saya menggunakan skincare branded dengan kategori harga yang masyaa Allah, bikin kantong kapok. Lah, kalau kapok, kok, betah diporotin sama sese-skincare? Ya karena memang memberikan hasil sesuai janji.

Ajaibnya, skincare home made yang di-booster oleh susu Beruang, madu, minyak zaitun dan kawan-kawan, terbukti bisa mengejar bahkan melampaui daya kerja skincare branded yang saya pakai bertahun-tahun itu, hanya dalam hitungan bulan!

FYI, formula skincare home made ini saya dapatkan dari sekian banyak beauty blogger/vlogger, baik dalam negeri maupun manca negara. Thanks a bunch to them all!

Akhirul kalam, kesuksesan apapun menuntut investasi ketekunan, yekan? Begitu juga dalam perawatan kulit. Tekun pangkal glowing.

Selamat mencoba, yes, Mak Emak. Hopefully it'll work for you, as it worked for me.

(Ya, ya .... Terima kasih kembali.)
*plaaakkk!

Salam 'Modal Kere, Muka Kece!'
- Cut Cynthia Sativa -
#Copas ya say πŸ˜‰
Reactions

0 Comments: