Glutamat Alami Demi Hidup Yang Lebih Sehat


Makanan yang dimasak tanpa mempergunakan penyedap rasa (MSG - Monosodium Glutamat) memang terasa kurang memuaskan. Makan akan hambar, terlebih bagi yang sudah terbiasa memakai Msg di dalam masakannya. Itulah mengapa banyak beredar bahan-bahan penyedap rasa ini di sekitar kita. Selain murah, gampang didapat, banyak pula pilihannya. Namun masalah timbul saat zat-zat kimia yang terkandung di dalam penyedap rasa tersebut mulai memicu berbagai penyakit. Dimulai dari sakit kepala, darah tinggi, kolesterol, dan lainnya. Namun kini semua orang sudah mengerti kesehatan, lalu sedikit demi sedikit mulai meninggalkan bahan penyedap rasa yang terbuat dari zat-zat kimiawi.

Bila ditelaah lebih dalam, sebenarnya glutamat bisa kita peroleh secara alami. Ada begitu banyak bahan makanan, baik dari hewani dan sayuran, yang mengandung glutamat. Bahan-bahan itu bisa kita jadikan sebagai pengganti penyedap rasa yang berbahaya tadi. 

Nah, contoh bahan makanan yang mengandung glutamat alami, misalnya: Aneka daging hewani, makanan laut (ikan, kerang, cumi), aneka jamur, kedelai, rumput laut & ganggang laut, wortel, kentang, keju, susu, yogurt, tomat, bawang merah gorang, bawang putih goreng, mentega, dll.

Dalam jumlah yang bervariasi, senyawa tersebut bisa ditemukan pada sayuran seperti tomat, kol, bayam, asparagus hijau, jagung, bawang bombay, kentang, jamur. Glutamat juga bisa ditemukan pada keju, saos tiram, kecap, saos tomat, terasi, kepiting, ikan, daging ayam, daging sapi, dan udang.

Jadi, sudah bisa masak enak dan sehat, kan?

#OneDayOnePost
#Day17

Reactions

1 Comments:

nine said...

Nice. Makasih infonya, mba.