Jangan pandang rendah Penerbit Indie

Penerbit Indie ngadain Event menulis berhadiah Novel terbit + E-sertifikat atau pulsa 10 sampai 20 ribu, atau potongan harga buku bagi kontributor yg tulisannya lolos terbit, apa itu melecehkan penulis?
Jelas TIDAK!
Kenapa?
Karena tidak ada unsur penghinaan yang melecehkan dalam hal ini. Apa karena hadiahnya kecil lantas dianggap melecehkan? Kalau begitu, para penulis yang menganggap dirinya layak dapat hadiah besar yah ga usah ikut. Kan ga ada yang maksa. Lagian, semua juga tahu Penerbit Indie tak lah sebesar mayor. Mereka ga punya sponsor, kadang ga punya link dengan toko buku, kebanyakan mandiri dengan modal kecil. Jadi bila hadiahnya pun sesuai isi kantong, mestinya dapat nilai maklum lah. Bukan dicap melecehkan.

Justru Penerbit Indie berjasa besar dalam dunia literasi di tanah air. Kenapa? Karena para penulis pemula yang berkali-kali ditolak penerbit Mayor, akhirnya bisa menerbitkan bukunya di Indie. Itu sudah memiliki kebanggan tersendiri, kan? Ngaku yok?

Yah, okey, buku-buku Indie ga masuk toko buku. Mereka hanya dijual online, dijual ketika ada yang beli, dijual hanya kepada teman-teman dan kenalan, dijual dalam ruang lingkup yang kecil dan terpaksa pake ongkos kirim. Tapi gapapa, kok. Namanya juga usaha. Daripada ngarepin Mayor ampe tua ga lolos2. Jadi ... Terbit di Mayor? Itu hanya masalah waktu. Yang menjadi point penting dalam hal ini, Indie telah mengabadikan karya kita.

Soal E-sertifikat yang konon telah menjadi buah bibir karena tak ada manfaatnya? Siapa sih yang bilang gitu? Ada dong manfaatnya.
1. Tanda tulisan kita lolos / menang.
2. Mengingatkan kalau tulisan itu sudah pernah ikut lomba. Jadi ga bakal kita ikutkan lagi dengan dalih pura2 lupa.
3. Buat diceritain ke anak cucu. Coba deh bayangi ntr kalo punya anak, tau2 anak pulang sekolah nangis-nangis dan bilang : "Ma, mamanya si Tina punya sertifikat menulis. Mama kok ga punya?"
Yah, sukur2 kalo kita punya sertifikat menjahit atau memasak, jadi anak bisa banggain kita juga... hehehe. Lha kalo ga punya gegara dulu kita menganggap sertifikat2 itu tak berguna? Ckck!
Ini hanya sebagian kecil kebaikan-kebaikan dari event Indie. Aq rasa masih banyak yang lainnya, yang aq belum sadari. Maklum, penulis pemula yang memulai langkah dari Indie wink emoticon

Hanya, inti dari 'novel' ku ini, Indie atau Mayor, itu sama tujuannya. Sama2 merangkul para penulis! Tak perduli apapun hadiahnya!

Sekian dan terima gaji!
‪#‎turunPodium‬
Reactions

0 Comments: